Sunday 28 April 2013

Pemecahan Masalah


Cybercrime yang dilakukan Wildan merupakan jenis pengelompokan dari unauthorized access to computer system and service provider, yang berarti Kejahatan yang dilakukan dengan menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik system jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia. Namun begitu, ada juga yang melakukan hanya karena merasa tertantang untuk mencoba keahliannya menembus suatu sistem yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kejahatan ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi internet/intranet. Dan dalam kasus ini Wildan mengaku hanya iseng meretas situs yang beralamat www.presidensby.info itu. "Dengan motif iseng saja, hanya mengganti tampilan," ujar Direktur II Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Arief Sulistyo, di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta Selatan, Selasa.
Hal yang dilanggar oleh pelaku dalam ruang lingkup Cyberlaw adalah: tindakan criminal biasa yang menggunakan TI sebagai alat . Pelaku juga terkena tindak pidana TI yaitu tindak pidana yang berhubungan dengan aktivitas illegal, dengan cara apapun pelaku melakukan akses secara illegal. Sedangkan prinsip-prinsip yang dilanggar pelaku dalam Etika Profesi IT antara lain:
·         Prinsip kompetensi
Prinsip ini menjelaskan bahwa setiap anggota / karyawan mempunyai kewajiban untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesional yang berkompeten berdasarkan perkembangan, legalisasi, dan teknik yang paling mutakhir.
·         Prinsip tanggung jawab profesi
Dalam prinsip tanggung jawab profesi ini para pelaku profesi harus menyadari tugas dan melaksanakan tanggung jawab sebagai professional.
·         Prinsip integritas
Dengan adanya prinsip tanggung jawab profesi maka para pelaku profesi harus menjunjung tinggi nilai dari tanggung jawab itu sendiri dan tidak dijadikan sebagai pengertian saja, tetapi juga harus diterapkan dalam berprofesi.
·         Prinsip perilaku professional
Setiap anggota dan karyawan suatu perusahaan harus berprilaku yang konsisten dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat menjatuhkan nama dirinya sendiri. Dalam hal Wildan  haruslah bersikap professional untuk menyampaikan maksudnya dengan cara yang beretika.
Saran:
Dalam kasus ini menurut kami Wildan harus menyadari kemampuannya sendiri. Dengan cara apapun untuk masuk kedalam sebuah system bisa disebut sebagai kejahatan jika tanpa seizin pemilik system tersebut. Dalam bidang IT, Wildan termasuk kelompok pertama, yaitu kelompok yang bergelut dengan software, system analis, web designer, web programmer. Dia juga memiliki kompetensi sebagai keterampilan pengguna IT. Dimana dia bisa belajar secara otodidak kemampuan tersebut seperti Kemampuan Pengoperasian Perangkat Keras dan Administer , Konfigurasi Sistem Operasi yang mendukung Network, dll.
Dan untuk situs presidensby.info itu sendiri seharusnya pembuat situs ini harus menyadari hal-hal berikut:
·         Penggunaan enkripsi untuk meningkatkan keamanan.
Penggunaan enkripsi yaitu dengan mengubah data-data yang dikirimkan sehingga tidak mudah disadap (plaintext diubah menjadi chipertext). Untuk meningkatkan keamanan authentication (pengunaan user_id dan password), penggunaan enkripsi dilakukan pada tingkat socket. Hal ini akan membuat orang tidak bisa menyadap data atau transaksi yang dikirimkan dari/ke server WWW. Salah satu mekanisme yang popular adalah dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) yang mulanya dikembangkan oleh Nerscape. Selain server WWW dari netscape, server WWW dari Apache juga dapat dipakai karena dapat dikonfigurasikan agar memiliki fasilitas SSL dengan menambahkan software tambahan, seperti open SSL.
·         Penggunaan Firewall
Tujuan utama dari firewall adalah untuk menjaga agar akses dari orang tidak berwenang tidak dapat dilakukan. Program ini merupakan perangkat yang diletakkan antara internet dengan jaringan internal. Informasi yang keluar dan masuk harus melalui atau melewati firewall. Firewall bekerja dengan mengamati paker Intenet Protocol (IP) yang melewatinya.
·         Menawarkan kerjasama
Seperti yang sekarang sedang diberitakan. Bahwa pihak tim cybercrime mabes polri menawarkan kerjasama kepada Wildan. Ada beberapa foto yang menggambarkan bagaimana Wildan sedang duduk dalam sebuah kantor. Dia juga akan mendapat beasiswa karena memiliki kompetensi.

No comments:

Post a Comment